42 Tempat Wisata di Tulungagung yang Patut Dikunjungi

Tempat Wisata di Tulungagung yang Patut Dikunjungi - Tulungagung merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal sebagai penghasil industri marmer terbesar di Indonesia. Namun siapa sangka, selain sebagai penghasil marmer, Tulungagung juga menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kondisi geografinya yang berada di pesisir pantai selatan Pulau Jawa menjadikan Tulungagung memiliki banyak tempat wisata pantai. Salah satunya yang paling terkenal adalah Pantai Popoh.

Tapi tak hanya wisata pantai saja, masih ada banyak lainnya yang meliputi wisata air terjun, candi, goa, agro wisata, budaya dan lainnya yang sayang jika dilewatkan. Penasaran, apa saja tempat wisata tersebut?

Berikut rangkuman tempat wisata di Tulungagung :


1. Pantai Popoh

Pantai Popoh
Pantai Popoh
Pantai Popoh adalah objek wisata andalan Tulungagung. Pantai ini berada di pesisir Samudera Hindia tepatnya di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

2. Pantai Sidem

Pantai Sidem
Pantai Sidem
Pantai Sidem merupakan pantai di Tulungagung yang dijadikan sebagai perkampungan Nelayan. Jadi disini, anda akan menemukan berbagai industri rumah tangga seperi olahan ikan asin, terasi dan lainnya. Lokasi pantai Sidem berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung berjarak sekitar 2 km dari pantai Popoh.

3. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun
Pantai Brumbun
Pantai Brumbun memiliki area yang cukup luas. Pantai berpasir abu-abu cenderung hitam ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga bisa untuk bermain. Lokasi pantai Brumbun di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.

4. Pantai Sine

Pantai Sine
Pantai Sine
Pantai Sine merupakan pantai alam berbentuk teluk di pesisir selatan Tulungagung tepatnya di desa Kalibatur, kecamatan Kalidawir. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.

5. Pantai Molang

Pantai Molang
Pantai Molang
Pantai indah di Tulungagung ini memiliki pasir putih dan ombak yang menawan. Pantai Molang berlokasi di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung.

6. Pantai Klatak

Pantai Klatak
Pantai Klatak
Bagi anda yang suka pantai berpasir gelap bisa menuju ke pantai Klatak di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Selain itu, pantai Klatak menawarkan pemandangan alam pantai yang berupa ombak dan bebatuan yang mengelilinginya. Disini, anda juga bisa memancing, berenang, voli pantai dan lainnya.

7. Pantai Gerangan

Pantai Gerangan
Pantai Gerangan
Ada yang unik di pantai Gerangan yaitu anda bisa menjumpai pasir putih dan juga pasir hitam dengan warna biru kehijau-hijauan. Pantai gerangan memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Lokasinya berada di Dusun Wonokoyo, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggung, Kabupaten Tulungagung.

8. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar
Pantai Sanggar
Pantai berpasir putih dengan air laut biru yang jernih ini sangat cocok untuk berenang. Lokasinya berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.

9. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur
Pantai Ngalur
Pantai Ngalur lokasinya tidak jauh dari pantai Sanggar tepatnya di Desa Jengglungharjo, Tanggunggunung. Ombaknya juga cukup tenang sehingga bisa untuk bermain.

10. Pantai Coro

Pantai Coro
Pantai Coro
Selain namanya yang unik, pantai Coro Tulungagung ini juga memiliki keindahan yang tak kalah memikat. Pantai sepanjang 400 meter ini berpasir putih, bersih dan lembut dengan ombak yang tidak terlalu besar. Lokasi pantai Coro di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

11. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung
Pantai Lumbung
Jika anda suka pantai yang banyak karang, maka pantai Lumbung di Tulungagung ini bisa pilihan wisata yang tepat. Di bibir pantai Lumbung terdapat karang-karang besar yang menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Lumbung berlokasi di Desa Pucanglaban kec. Pucanglaban Tulungagung.

12. Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang
Pantai Pathok Gebang
Pantai Tulungagung yang satu ini terbilang masih alami karena belum banyak dijamah pengunjung. Pantai Pathok Gebang berlokasi di Desa Jengglungharjo, Kec Tanggunggunung, Tulungagung.

13. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang memiliki keunikan yaitu ada sebuah kolam yang terbentuk secara alami. Di pantai ini, anda bisa berenang di dalam kolam tepi pantai dengan deburan ombak yang besar. Pantai Kedung Tumpang berlokasi di Desa Kedung Tumpang, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung.

14. Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean
Air Terjun Lawean
Air terjun Lawean merupakan bagian dari lereng Gunung Wilis sehingga juga menawarkan pemandangan alam yang indah. Air terjun ini berada pada ketinggian 1200 mdpl. Lokasinya di dusun Turi, desa Geger, kecamatan Sendang, Tulungagung.

15. Air Terjun Kandung

Air Terjun Kandung
Air Terjun Kandung
Air terjun Kandung menawarkan keindahan air terjun dengan air dibawahnya sedalam 4-8 meter. Jadi anda harus berhati-hati jika tidak bisa berenang. Lokasinya Alamat:di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung.

16. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng
Goa Selomangleng
Bukan Goa Selomangleng di Kediri lho ya. Hehe. Rupanya nama Goa selomangleng juga ada di Tulungagung. Kompleks Goa Selomangleng ini berada dia area kehutanan yakni di lingkungan BKPH Kalidawir, atau tepatnya berada di Dusun Sanggrahan Kidul, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Kompleks Goa ini dibedakan menjadi dua bagian, yakni bagian bawah yang agak datar terdapat dua buah goa, serta bagian atas yang terjal terdapat candi.

17. Gua Pasir

Gua Pasir
Pos di Gua Pasir
Berbeda dengan goa pada umumnya yang memiliki banyak lorong dan saling berhubungan, Gua pasir ini hanya memiliki mulut gua. Gua Pasir berlokasi di dusun Pasir, desa junjung, kecamatan Sumbergempol, Tulungagung.

18. Candi Dadi

Candi Dadi
Candi Dadi
Candi dadi berada di puncak bukit pada ketinggian 360 mdpl dan berada di tengah area kehutanan RPH Kalidawir. Lokasinya di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung.

19. Candi Penampihan

Candi Penampihan
Candi Penampihan
Candi yang dibangun sudah sekitar tahun Saka 820 atau 898 Masehi ini merupakan salah satu peninggalan candi Hindu kuno dari kerajaan Mataram. Candi Penampihan berada di lereng Gunung Wilis tepatnya di Geger, kecamatan Sendang, Tulungagung.

20. Candi Sanggrahan

Candi Sanggrahan
Candi Sanggrahan
Candi Sanggrahan berlokasi di Dusun Sanggrahan, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Kompleks Candi Sanggrahan terdiri atas sebuah bangunan induk dan dua buah sisa bangunan kecil lainnya. Bangunan induk terdiri atas empat tingkat yang masing-masing berbentuk bujursangkar.

21. Candi Boyolangu

Candi Boyolangu
Candi Boyolangu
Candi Boyolangu ditemukan kembali oleh masayarakat tahun 1914 dalam timbunan tanah. Kompleks candi Boyolangu ini terdiri dari tiga bangunan perwara. Lokasinya di Dusun Boyolangu, Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung

22. Bendungan Wonorejo

Bendungan Wonorejo
Bendungan Wonorejo
Bendungan terbesar di Asia Tenggara ini memiliki debit air 15000 m3 per detik. Selain sebagai tempat wisata, bendungan Wonorejo juga digunakan sebagai pengairan, pembangkit tenaga listrik, perikanan, olah raga, dan lainnya. Lokasinya di desa Wonorejo, kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung.

Sebagai satu tujuan tempat wisata di Tulungagung, Bendungan ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti area pemancingan, taman bermain, speed boat, penginapan dan sarana hiburan.

Kunjungi juga: 12 Tempat Wisata di Probolinggo yang Paling Terkenal

23. Agro Wisata Belimbing

Agro Wisata Belimbing
Agro Wisata Belimbing
Agro Wisata Belimbing yang ada di Tulungagung ini terletak di Dusun Cluwok, Desa Bono, Moyoketen, Kecamatan Boyolangu. Disini, anda akan dimanjakan dengan buah belimbing yang siap untuk dimakan dan bisa langsung di petik.

24. Ranu Gumbolo

Ranu Gumbolo
Ranu Gumbolo
Tempat yang satu ini masih terbilang wisata baru di Tulungagung. Namun kini Ranu Gumbolo sudah cukup dikenal dan ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan danau ini juga disebut - sebut sebagai Ranu Kumbolonya Tulungagung. Seperti namanya, disini anda akan disuguhi pemandangan danau indah yang disekitarnya banyak pepohonan pinus. Tak hanya itu, terdapat juga sejumlah fasilitas wisata yang menarik salah satunya adalah rumah pohon. Dengan berada di rumah pohon, anda bisa melihat keindahan Ranu Gumbolo lebih luas dari ketinggian.

Jika anda ingin datang ke Ranu Gumbolo, langsung saja menuju Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Lokasinya masih satu kawasan dengan Waduk atau Bendungan Wonorejo.

25. Jambooland Waterpark

Jambooland Waterpark
Jambooland Waterpark
Jambooland Waterpark merupakan salah satu wahana wisata di Kabupaten Tulungagung yang patut dikunjungi. Disini terdapat sejumlah wahana permainan seperti body slide/seluncur, kolam bak tumpah, kolam arus, kolam balita, kolam anak-anak, sepeda air, food court, cafe dan lainnya. Jamboland Waterpark berlokasi di Jalan Raya Srabah No. 1, Desa Karanganom, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung. Berjarak sekitar 8 km dari pusat Kota Tulungagung.

26. Splash Waterpark

Splash Waterpark
Splash Waterpark
Masih ada lagi waterpak di Tulungagung yaitu Splash Waterpark. Objek wisata ini baru dibuka bulan september 2016 yang lalu. Sama seperti halnya Waterpark pada umumnya, di wisata Splash Waterpark ini juga menawarkan sejumlah wahana permainan yang seru.Wahana tersebut diantaranya kolam renang, waterboom, ember tumpah, race slide, seluncuran, taman bermain dan lainnya. Splash Waterpark berlokasi di Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung.

27. Pendakian Gunung Budeg

Puncak Gunung Budeg
Foto by fb.com/ilham.kotax
Jika anda pecinta hiking, mungkin mendaki puncak Gunung Budeg bisa menjadi pengalaman tersendiri. Gunung dengan ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut ini, menjadi salah satu tempat favorit untuk kegiatan pendakian di Tulungagung. Lokasinya berada di Dusun Kendit, Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Untuk jalur pendakiannya, anda bisa bertanya ke warga sekitar saat tiba di lokasi.

Meski jalur pendakian yang dilewati cukup terjal dan menguras tenaga, semua itu akan terbayar lunas saat anda sudah sampai di puncak Gunung Budeg dan melihat keindahan alam serta hamparan luas daerah Kabupaten Tulungagung.

28. Pantai Pacar

Pantai Pacar
Pantai Pacar
Nama pantai ini unik ya. Pantai Pacar memang belum sepopuler pantai lainnya di Tulungagung, namun pesonanya juga tak kalah indah. Pantai ini terletak cukup dekat dengan pantai Lumbung dan pantai Molang. Selain berpasir putih, pantai Pacar juga memiliki semacam air terjun mini yang airnya mengalir ke arah pantai. Sama seperti pantai Banyu Tibo di Pacitan. hehe

Pantai Pacar berlokasi di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung.

29. Tebing Banyu Mulok

Tebing Banyu Mulok
Tebing Banyu Mulok
Bukit Tebing Banyu Mulok berada di sebelah timur pantai Coro tepatnya di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten tulungagung. Seperti namanya Banyu dalam bahasa Jawa berarti air dan Mulok yang awal mula namanya Muluk berarti naik. Di Banyu Mulok ini, anda akan melihat semburan air yang naik ke atas tepi tebing. Selain itu, bila beruntung anda juga bisa melihat pelangi dari hasil pembiasan cahaya semburan air ini.

30. Air Terjun Pandan Wangi

Air Terjun Pandan Wangi
Air Terjun Pandan Wangi
Air terjun Pandan Wangi berlokasi di Desa Ngelurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Air terjun ini berada di kawasan perkebunan teh Sumber Pandan. Air terjun setinggi 30 meter ini cukup memanjakan mata dan menyegarkan pikiran.

31. Pantai Godeg

Pantai Godeg
Foto by IG @bagus_pandu
Pantai Godeg memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai lainnya di Tulungagung. Pantai ini masih belum begitu populer di kalangan wisatawan dan akses jalannya pun masih cukup sulit. Pantai Godeg berlokasi di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.

32. Bukit Jomblo

Gardu Sangkar Gunung Pakis
Foto by IG @likkah2703
Ingin menikmati alam dari atas ketinggian? Anda bisa datang ke Bukit Jomblo. Ya, namanya memang unik, cocok bagi para jomblo-jomblo yang ingin menyegarkan pikiran. hehe. Terdapat spot menarik di bukit Jomblo Tulungagung ini salah satunya yaitu Gardu Sangkar yang mirip seperti sangkar burung.

Bukit ini juga lagi hits karena ada yang posting di sosial media terutama instagram. Lokasinya berada di Gunung Pakis, Desa Pakisrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Jangan mau ketinggalan selfie di Bukit Jomblo ya.

33. Telaga Ngambal

Telaga Ngambal
Foto by IG @rizakn_014
Telaga Ngambal juga lagi hits di sosial media. Telaga Ngambal merupakan sebuah telaga dengan mata air alami berukuran sekitar 1 hektar. Selain sebagai tempat wisata, Telaga Ngambal juga difungsikan untuk sarana irigasi. Disini terdapat beberapa spot menarik untuk berfoto selfie salah satunya di Jembatan Dermaga. Di spot jembatan dermaga Telaga Ngambal ini, anda bisa berfoto dengan latar belakang luasnya telaga. Waktu yang pas datang ke Telaga Ngambal adalah saat sore hari karena cahaya jingga sore hari akan menambah keindahan telaga. Telaga Ngambal berlokasi di Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.

34. Air Terjun Jurang Senggani

Air Terjun Jurang Senggani
Foto by IG @irvanfachrul
Air terjun Jurang Senggani ini berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut tepatnya di Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Kondisi disekitar air terjun ini masih sangat alami.

35. Air Terjun Coban Kromo

Air Terjun Coban Kromo
Foto by IG @dhennisputra
Lokasi Coban Kromo berada di sebelah selatan Gunung Budheg tepatnya di Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Jika dari pusat kota Tulungagung berjarak sekitar 12 km. Keunikan dari air terjun Coban Kromo ini terdapat pada genangan airnya yang langsung berbatasan dengan tebing sehingga terkesan seperti kolam renang. Selain itu, suasana khas pegunungan yang dikelilingi bukit semakin menambah betah berlama-lama di Coban Kromo.

36. Pantai Dlodo

Pantai Dlodo
Foto: @melaniabs
Pantai eksotis lainnya di Tulungagung yaitu Pantai Dlodo. Pantai ini berlokasi di Desa Dlodo, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Pantai berombak cukup besar ini memiliki keunikan tersendiri dengan adanya gumuk pasir.

37. Pantai Sioro

Pantai Sioro
Foto: @sadewocitro
Pantai Sioro belum terlalu dikenal wisatawan sehingga masih jarang dikunjungi. Pantai Sioro berlokasi di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggungunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini berhadapan langsung dengan laut lepas sehingga memiliki ombak yang terbilang cukup besar. Selain itu, di pinggir pantai terdapat tebing karang yang semakin menambah keindahan pantai Sioro ini.

38. Pantai Sawahan Ombo

Pantai Sawahan Ombo
Foto: @asingsetyo
Sama seperti pantai Sioro, pantai Sawahan Ombo atau juga dikenal pantai Sawah Ombo ini juga masih jarang dikunjungi wisatawan. Akses jalan menuju pantai ini masih belum memadai. Sedangkan untuk lokasinya berada di Desa Wonokoyo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai Sawahan Ombo memiliki pasir putih yang halus dengan ombak sedang.

39. Nyawangan Park

Nyawangan Park
Foto: @vitasulistiana
Jika anda pecinta selfie, wisata Tulungagung yang satu ini wajib dikunjungi. Disini, anda akan disuguhi pemandangan alam pegunungan yang banyak pepohonan pinus. Menariknya lagi, di kawasan wisata Nyawangan Park juga dihiasi banyak bunga-bunga indah serta gimmick kekinian yang cocok untuk lokasi foto selfie. Jika anda penasaran, langsung saja datang ke Dusun Klegen, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung.

40. Kedung Dawuhan

Kedung Dawuhan
Foto: @rajibfahruddinahmad6506
Kedung Dawuhan atau juga dikenal dengan nama Kedung Tritis ini menawarkan kolam alami dengan kedalaman sekitar 10 meter. Di tempat ini, anda bisa mandi, bersantai atau hanya sekedar foto-foto. Kedung Dawuhan berlokasi di Desa Sukorejowetan, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung.

41. Jurug Tejo

Jurug Tejo
Foto: @raya_nugroho
Jurug Tejo berlokasi di Desa Manding, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Selain menawarkan pemandangan air terjun, suasana udara disini sangat sejuk. Airnya yang jernih juga cocok untuk bermain air.

42. Air Terjun Parang Kikis

Air Terjun Parang Kikis
Foto: @kang_uun_
Air terjun Parangkikis Tulungagung ini masih alami dan jarang dikunjungi wisatawan. Lokasinya terletak di Desa Gambiran, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung.

Nah itulah sejumlah objek wisata menarik di Tulungagung yang bisa anda kunjungi. Setelah puas mengeksplore Tulungagung, jangan lupa juga kunjungi 10 tempat wisata menarik dan keren di Blitar.