10 Tempat Wisata Baru di Blitar yang Bagus dan Hits

Tempat wisata di Blitar - Blitar merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal sebagai tempat dimakamkannya presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Selain disebut sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria, Blitar juga terkenal dengan julukan Kota Peta (Pembela Tanah Air). Namun dibalik sejarahnya tersebut, Blitar memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi.

Ya, wisata Blitar mungkin tidak sepopuler Malang. Namun untuk urusan objek wisata baru, Blitar tidak bisa dipandang sebelah mata. Nah, penasaran apa saja sih tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi? Berikut daftarnya.

1. Puncak Kejora

Puncak Kejora
Foto: @anafatkul
Puncak Kejora berada tidak jauh dari perkebunan teh Sirah Kencong yakni tepatnya di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Objek wisata Blitar ini mengusung konsep gardu pandang. Ya, dari Puncak Kejora, anda bisa melihat keindahan Gunung Kelud dan alam yang hijau. Nah, untuk bisa sampai di Puncak Kejora, anda cukup mengikuti rute menuju kebun teh Sirah Kencong saja. Jika dari pusat Kota Blitar memakan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Harga tiket masuknya Rp 5 ribu/orang dan biaya parkir Rp 2 ribu.

2. Sirah Kencong

Kebun Teh Sirah Kencong Blitar
Foto: @dyahfzm
Sirah Kencong ini sendiri merupakan nama dari sebuah daerah di Perkebunan Teh Bantaran Wlingi Blitar. Wisata Sirah Kencong berada di area pegunungan sehingga memiliki udara sejuk dengan pemandangan alam yang hijau. Ada beberapa wisata alam yang bisa anda kunjungi disini diantaranya kebun teh dan air terjun Sirah Kencong. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk bersantai sambil melepas penat.

Tak jauh dari kawasan perkebunan teh ada juga spot camping namanya Brak Papat Sirah Kencong. Jika anda ingin datang kesini langsung saja ke Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

3. Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin Blitar
Foto: @lndawatidewi
Gumuk Sapu Angin merupakan salah satu tempat wisata menarik di Blitar yang mengusung konsep gardu pandang. Spot wisata ini menawarkan landscape kemegahan Gunung Kelud dan Gunung Kawi dengan panorama alam yang hijau. Selain gardu pandang, di tempat ini juga terdapat beberapa spot foto selfie yang bisa anda nikmati. Tiket masuknya pada hari biasa Rp 2.000/orang dan hari libur atau akhir pekan Rp 3.000/orang.

4. Bukit Bunda

Bukit Bunda Blitar
Foto: @khoirotulmukaromah
Bukit Bunda mengusung tema taman rekreasi dan edukasi keluarga. Berkat pengguna social media yang mengupload foto-foto menarik di Bukit Bunda menjadikannya populer dan mulai ramai dikunjungi. Spot wisata Blitar yang satu ini berada di kawasan perbukitan kapur. Disini ada beberapa spot yang keren dan menarik diantaranya spot foto selfie, gardu pandang, cafe outdoor dan lainnya. Tempat wisata di Blitar ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga maupun teman.

5. Air Terjun Njumeg

Air Terjun Njumeg Blitar
Foto: @diyanaa_24
Curug atau Air terjun Njumeg merupakan salah satu wisata alam di Blitar yang patut dikunjungi. Air terjun Njumeg memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Dibawah air terjunnya ada sebuah kolam alami dengan kedalaman sekitar 10 meter. Selain bisa merasakan guyuran air terjun, kondisi alam sekitar disini juga masih alami dengan udara sejuk khas pegunungan. Jika anda ingin datang ke Curug Njumeg bisa ke Desa Ringirejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

6. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Blitar
Foto: @inayatun_toyibah
Tempat wisata hits di Blitar selanjutnya adalah Bukit Teletubbies. Objek wisata Blitar ini terletak di kawasan lereng Gunung Kelud yakni tepatnya di Dusun Kampung Anyar, Desa Sumbersari, Kecamatan Ngelegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Blitar dibutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam. Di tempat ini adabBanyak spot-spot menarik yang bisa anda nikmati diantaranya seperti: taman selfie, gardu pandang, spot ayunan, spot balon raksasa, dan lainnya. Selain itu, anda juga bisa melihat kemegahan Gunung Kelud dan pemandangan alam sekitar yang hijau seperti di serial Teletubbies. Harga tiket masuknya Rp 5.000/orang.

7. Hutan Pinus Gogoniti

Hutan Pinus Gogoniti Blitar
Foto: @diyanaa_24
Hutan Pinus Gogoniti merupakan salah satu destinasi wisata baru yang ada di Blitar. Kawasan tempat wisata yang terletak di perbukitan dengan pepohonan pinus membuat Hutan Pinus Gogoniti tempat yang tepat untuk mencari kesejukan alami. Selain menawarkan pemandangan alam dan suasana yang sejuk, pengunjung yang datang juga bisa belajar mengendarai kuda.

Selain menunggang kuda, ada juga Kegiatan favorit lainnya yang bisa anda coba salah satunya adalah berayun-ayun menggunakan hammock di pepohonan pinus. Wisata Hutan Pinus Gogoniti ini berlokasi di Desa Kemirigede, Kec. Kesamben, Kabupaten Blitar. Lokasinya tidak jauh dari Gumuk Sapu Angin.

8. Kampung Coklat

Kampung Coklat Blitar
Foto: @leusand
Ingin makan coklat atau menikmati aneka makanan dan minuman yang kesemuanya terbuat dari bahan coklat? Datang saja ke Kampung Coklat Blitar. Tempat wisata edukasi di Blitar ini cocok dikunjungi semua kalangan. Kampung Coklat Blitar juga merupakan tempat pengembangan Kakao terbesar di Jawa Timur.

Selain menikmati coklat yang lezat, anda juga bisa belajar berbagai macam eduksi tentang coklat. Kampung Coklat berlokasi di Jln Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab. Blitar, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Blitar berjarak sekitar 10 km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 20 menit.

9. Kaloka Lodoyo

Kaloka Lodoyo Blitar
Foto: @diyanaa_24
Kaloka Lodoyo merupakan salah satu spot foto yang lagi ngehits di Blitar. KALOKA ini merupakan nama singkatan dari Keraton Alas Lodoyo Kaulon. Berada di kawasan hutan kecil dengan banyak pepohonan yang rindang menjadikannya memiliki udara sejuk. Selain itu lokasinya juga dekat dengan area persawahan dan ada beberapa spot cantik. Wisata Blitar ini cocok untuk tempat bermain, beristirahat, foto-foto dan refresing untuk menghilangkan penat. Wisata Keraton Alas Lodoyo ini berlokasi di Desa Kaulon RT.01 RW.01, Kecamatan Sutojayan, Kab. Blitar, Jawa Timur.

10. Rabbit Park Blitar

Rabbit Park Blitar
Foto: @dyah_ayupravitasari
Rabbit Park ini masih tergolong tempat wisata baru yang ada di Blitar. Mengusung konsep edukasi, Rabbit Park akhir-akhir ini sedang populer. Rabbit Park atau Taman Kelinci di Blitar ini menyajikan daya tarik berupa hamparan rumput luas yang nampak hijau. Selain itu, terdapat juga rumah kurcaci seperti di film The Hobbit. Spot menarik lainnya seperti Rumah Terbalik, Rumah Pohon, Pohon Cinta dan lain-lainnya. Ya, meskipun masih termasuk wisata baru, objek wisata ini mampu memikat para pengunjungnya. Hal ini terlihat dari ramainya para wisatawan meski masih dalam tahap pengembangan.

Penasaran dan ingin datang ke Rabbit Park Blitar? langsung saja datang ke Desa Wonorejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Jika dari Blitar Kota memakan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam.

Demikian daftar tempat wisata di Blitar yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun teman.